Halaman

Rabu, 08 Juli 2020

Latar Belakang Pendirian Radio Onstar FM

Kemajuan suatu daerah didukung dan dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah sumber informasi bagi masyarakat di daerah tersebut. Dengan adanya informasi pengetahuan masyarakat akan bertambah, yang nantinya mampu merubah cara pandang, tingkah laku, dan pola fikir masyarakat. Seperti yang sudah diketehui bersama, ada dua jenis media informasi yang saat ini sudah berada di lingkungan kita, yaitu media elektronik dan media cetak. Keberadaan media informasi tersebut seharusnya cukup memberikan informasi bagi masyarakat, tetapi dengan kondisi geografis kabupaten Kaur yang berada di perbukitan, dan berada cukup jauh dengan ibu kota kabupaten sehingga cukup terpencil, maka keberadaan media informasi tersebut belum bisa dijangkau. Disamping masalah geografis, media informasi tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit, padahal informasi-informasi tersebut sangat penting untuk pembangunan daerah.

Alasan lainnya adalah sebagian besar mayarakat Kabupaten Kaur berprofesi sebagai petani dan wiraswasta. Dengan kesibukan masyarakat sangat tidak mungkin untuk memperoleh informasi dari media cetak atau media elektronik (kecuali radio) yang disebabkan kesibukan mereka dalam bekerja. Padahal di zaman seperti ini informasi adalah sebuah kebutuhan, maka dengan keberadaan radio komunitas memungkinkan masyarakat Kabupaten Kaur memperoleh informasi tanpa harus meninggalkan aktivitas harian mereka dan tanpa harus membayar sedikitpun, tetapi pengetahuan mereka tetap meningkat. Kemudahan mengakses radio juga menjadi pertimbangan penting, karena jaringan radio dapat di akses dimanapun dan kapanpun berada mudah diperoleh, harga terjangkau, mudah di bawa kemana-mana. Sebagai sumber informasi, radio komunitas juga bisa digunakan untuk sarana pengembangan kreatifitas masyarakat. Seperti pengembangan bakat, seni dan olahraga, dan juga berbagai peluang untuk kemajuan daerah. Sebagai makhluk Tuhan yang unik masyarakat memiliki sifat cipta, rasa, dan karsa. Sifat-sifat inilah yang nantinya dapat menjadikan tatanan kehidupan yang dinamis dan indah. Selain itu juga budaya masyarakat kabupaten Kaur merupakan salah satu kebudayaan nusantara yang patut untuk dipertahankan dan dilestarikan. Karena, kalau tidak dilestarikan, maka suatu hari nanti budaya dan kesenian hasil dari kebudayaan masyarakat akan hilang tanpa sisa.

Dengan adanya radio komunitas ini maka jiwa-jiwa seni yang ada di masyarakat kabupaten Kaur bisa disalurkan dan sekaligus dinikmati oleh masyarakat kabupten Kaur itu sendiri. Ajang pencarian bakat menjadi salah satu tujuan utama pendirian radio komunitas ini. Sebagai sebuah komunitas masyarakat, tentu ada beberapa kelompok tertentu yang memiliki keahlian tertentu yang bisa diasah dan dikembangkan. Dengan adanya radio ini, maka proses promosi mengenai keahlian tersebut menjadi lebih mudah. Konsep-konsep informasi baik langsung maupun tidak langsung akan memberikan warna kepada masyarakat Kabupaten Kaur sebagai obyek informasi akan berubah secara otomatis tentang prilaku maupun kehidupan si obyek itu sendiri. Disini diperlukan suatu sarana yang dapat menampung segala aspirasi, hobi, bakat dan kreatifitas, sehingga setiap penduduk dapat menyalurkan semua kebutuhannya dan mereka tidak akan berbuat semena-mena dan menyimpang.

Generasi muda yang penuh dengan potensi sangat di sayangkan apabila tidak dapat menyalurkan bakat dan hobi mereka sehingga dapat berhasil dan berdaya guna .Banyak generasi muda yang terjerumus ke hal-hal yang tidak patut untuk ditiru karena mereka gagal dalam mencari tempat penyaluran bakat dan hobi mereka. Dilain pihak, mereka tidak memiliki pengetahuan sedikit pun tentang potensi-potensi mereka, serta langkah-langkah apa saja yang bisa dilakukan untuk menumbuhkembangkan potensi-potensi yang ada tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat baik bagi dirinya sendiri maupun untuk orang lain. Dalam berbagai tatanan informasi yang di anggap tepat dalam hal ini adalah radio komunitas ,karena radio komunitas mempunyai unsur : Informasi, Pendidikan, Sosial, ekonomi, budaya dan hiburan.

Dalam menggabungkan hal tersebut di atas diharapkan radio komunitas dapat dijadikan sarana untuk menjembatani unsur-unsur tersebut. Mengingat pentingnya peran serta informasi bagi pembangunan sumber daya manusia khususnya di wilayah kabupaten Kaur, maka kami “Komunitas Pemuda Kabupaten Kaur” membuat suatu kesimpulan bahwa dengan adanya radio komunitas tersebut sangat penting di bangun dan didukung sepenuhnya baik oleh instansi pemerintah, perusahaan, maupun masyarakat kabupaten Kaur itu sendiri agar media informasi ini dapat menciptakan “ruh” dalam upaya membangun sumber daya masyarakat kabupaten Kaur lebih maju, kreatif, dinamis, dan terencana.

DASAR PEMIKIRAN
1. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 32 tahun 2002 Tentang Penyiaran
2. UU Penyiaran Nomor 32 Tahun 2002 Pasal 21 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Lembaga Penyiaran Komunitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JADWAL SIAR ONSTAR FM RADIO

JADWAL SIAR ONSTAR   FM RADIO   107.8 MHz NO PUKUL PROGRAM PENYIAR SENIN 1...